Dinsos Kota Pontianak Melaksanakan Rapat Koordinasi Pusat Kesejahteraan Sosial SLRT Pertama Di Kecamatan Pontianak Barat

Alt text

Dinas Sosial Kota Pontianak dari Bidang Pemberdayaan Sosial hari Rabu tanggal 10 Agustus 2022 Melaksanakan Rapat Koordinasi Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) di Aula Kecamatan Pontianak Barat. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat terkait Puskesos SLRT.

Rapat dibuka dengan laporan Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, D. Efy Masfiaty, SP. Dalam laporannya disampaikan “Peserta yang hadir pada Rapat sebanyak 200 (Dua Ratus) orang dari empat kelurahan di Kecamatan Pontianak Barat yaitu Kelurahan Sungaijawi Luar, Kelurahan Sungaijawi Dalam, Kelurahan Pallima dan Kelurahan Sungaibeliung yang terdiri dari Lurah, Kasi Pemas, Ketua LPM dan Ketua RT,” ujarnya saat menyampaikan laporan kegiatan.

Setelah sambutan Camat Pontianak Barat Ibrahim, SIP., M.Si, sambutan terakhir oleh Plt Kepala Dinas Sosial Pontianak, Ir. Hidayati sekaligus membuka Rapat Koordinasi Puskesos SLRT. Ir. Hidayati menyampaikan bahwa pentingnya Pusat Kesejahteraan Sosial Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT). Dimana salah satu tujuan Puskesos SLRT adalah meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dan rujukan bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), khususnya untuk mengurangi kemiskinan, kerentanan, dan kesenjangan,” ujarnya saat menyampaikan sambutan.

Rapat koordinasi Puskesos SLRT dilanjutkan dengan penyampaian materi dari narasumber yaitu Camat Pontianak Barat, Penyuluh Sosial Ahli Pratama Bidang Pemberdayaan Sosial dan Sekretariat SLRT Dinas Sosial Kota Pontianak.

Dalam paparannya, Camat Pontianak Barat menyampaikan bahwa profil kemiskinan pada kecamatan Pontianak Barat, jumlah masyarakat Pontianak Barat yang masuk dalam DTKS sebanyak 12.047 KK atau sama dengan 42.462 Jiwa, kelurahan dengan penerima DTKS terbanyak adalah kelurahan Sungaibeliung sebanyak 5.820 KK atau sama dengan 20.840 Jiwa, sedangkan Kelurahan dengan penerima DTKS tersedikit adalah kelurahan Pallima sebanyak 1.010 KK atau sama dengan 3.619 Jiwa, hal ini berbanding lurus dengan jumlah penduduk yang ada di masing-masing Kelurahan.

Materi kedua disampaikan oleh Penyuluh Sosial Ahli Pratama Bidang Pemberdayaan Sosial, Muhammad Nurudin, S.Si. terkait Sejarah berdirinya SLRT dan Inovasi B’DESUT. SLRT berdiri sejak tahun 2018 di Kota Pontianak dengan nama SLRT Berkah Khatulistiwa beralamat di jalan Gusti Sulung Lelanang No. 1B Kelurahan Daratskip, Kecamatan Pontianak Kota. Puskesos SLRT Memiliki 4 Petugas Sekretariat Front office, 36 Fasilitator yang tersebar di seluruh kelurahan, 6 Supervisor yaitu para TKSK yang berada di masing-masing kecamatan, serta 2 Puskesos sebagai percontohan yaitu berada di Kelurahan Siantan Hulu dan Kelurahan Dalam Bugis.

Inovasi SLRT Berkah Khatulistiwa adalah B’desut (Berita, Data, Eksekusi, Segera, Urus, Tuntas). inovasi ini bertujuan membantu mewujudkan layanan satu pintu bagi masyarakat miskin dan rentan dalam mendapatkan bantuan sosial dengan layanan yang cepat dan tuntas dalam waktu satu hari oleh tim B’Desut. Inovasi B’desut juga telah mengikuti Lomba Inovasi dalam rangka hari Jadi Kota Pontianak Ke-248 tahun 2019 dan mendapatkan penghargaan sebagai Inovasi terbaik 5," ujarnya.

Materi terakhir disampaikan oleh Sekretariat Puskesos SLRT, Bayu Febriyanto Saputra , S.Sos., M.Tr.Sos.  terkait pelayanan Puskesos SLRT. “Jumlah pengaduan masyarakat yang dilayani di Sekretariat Puskesos SLRT Berkah Khatulistiwa tahun 2019 sebanyak 3.592 orang, tahun 2020 sebanyak 21.370 orang, tahun 2021 sebanyak 8.558 orang, sedangkan tahun 2022 sampai bulan Juli sebanyak 5.975 orang. Tahun 2022 hingga bulan Juli total pengaduan mencapai 5.975 orang," ujarnya.

Acara ditutup setelah sesi tanya jawab, terdapat empat orang penanya yang mewakili masing-masing Kelurahan sekaligus mengakhiri rangkaian rapat koordinasi di Aula Kecamatan Pontianak Barat. Diharapkan kegiatan rapat koordinasi ini mampu menumbuhkan pemahaman masyarakat Kota Pontianak terkait Pelayanan Puskesos SLRT dan mampu memberikan solusi bagi masyarakat, khususnya masyarakat miskin dan rentan yang membutuhkan pelayanan sosial diwilayah Kota Pontianak.

PENULIS: Admin Bidang Pemberdayaan Sosial

EDITOR: Muhammad Nurudin, S.Si

 

Sumber: Website Dinas Sosial Kota Pontianak 

Berita Lainnya

  • Permohonan Informasi
  • Pernyataan Keberatan
  • LHKPN Pemkot Pontianak
  • Cek Status Permintaan
  • Beranda
  • Data
  • Beranda
  • SOP
  • Berita
  • Pengumuman
  • Beranda
  • Laporan
  • Galeri